Selamat Tahun Baru Islam 1445 H

Makna Tahun Baru Islam

Berikut ini makna tahun baru Islam yang dihimpun dari berbagai sumber.

Hidup lebih baik

Kata hijriah yang berarti berpindah dan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw, memiliki makna agar manusia memiliki kesadaran untuk berpindah dari hal buruk menuju hal baik.

Muharram di tahun baru hijriah diharapkan memberi energi baru untuk mengganti berbagai keburukan di tahun-tahun sebelumnya.

Momen introspeksi diri

Tahun yang baru juga diharapkan dapat menjadi momen untuk introspeksi diri atau muhasabah. Di tahun yang baru, muslim diharapkan lebih mawas diri atas segala tindakan dan perbuatan.

Pesan perdamaian

Tahun baru Islam juga dapat dimaknai sebagai momen penuh perdamaian. Muharram memiliki arti yang diharamkan atau yang paling dihormati. Pada bulan ini, umat Islam diharamkan untuk berperang dan melakukan kezaliman.

Semangat berjuang

Tahun baru Islam juga memiliki arti semangat perjuangan yang tak kenal putus asa. Momen ini juga dapat dimaknai sebagai semangat hijrah.

Sebagaimana diketahui, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat begitu tak kenal lelah dalam menyebarkan agama Islam, meski berbagai rintangan dihadapi.

Bahkan, Nabi Muhammad Saw harus hijrah ke Madinah meninggalkan tanah kelahirannya, saudara, dan harta benda demi bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah Swt.

Bulan penuh pahala

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah yang dikenal sebagai bulan yang dimuliakan hingga disebut sebagai ‘bulan Allah’.

Muharam dapat dijadikan momen untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. dan mengumpulkan pahala. Sebab, setiap amal ibadah yang dilakukan di bulan Muharam akan dilipatgandakan ganjarannya.

Ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharam. Salah satunya adalah puasa Asyura, yang dilakukan pada 10 Muharam. Umat Muslim yang melaksanakan puasa Asyura akan mendapatkan pengampunan dosa-dosa kecil setahun yang lalu.

Kotak Kritik Dan Saran !

PERTANYAAN DAN JAWABAN

klik disini