Visitasi Akreditasi SD Negeri 2 Sidanegara

Akreditasi merupakan agenda rutin 5 tahunan untuk memperbaiki status akreditasi disekolah tersebut. Sekolah/madrasah yang belum memiliki status akreditasi akan dilakukan visitasi oleh BAN-S/M untuk menentukan status akreditasi sekolah/ madrasah.

Pelaksanaan akreditasi ulang sekolah/madrasah didasarkan hasil analisis data sekunder sekolah/madrasah dengan
berbagai ketentuan. Kriteria dan Perangkat Akreditasi merupakan instrumen yang digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah untuk melakukan penilaian kelayakan akreditasi pada sekolah/ madrasah.

Pada tanggal 11 – 12 Oktober 2023 SD Negeri 2 Sidanegara mendapatkan jadwal visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah ptovinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan Akreditasi berjalan lancar. Acara temu awal Korwilcam dindikbud kaligondang juga berkenan memberikan sambutan dilanjut pemaparan profil sekolah oleh kepala sekolah dan diakhiri sambutan para asesor. Ada dua Asesor akreditasi yang ditugaskan secara resmi oleh BAN S/M untuk melakukan visitasi di Sekolah Kami, beliau Bapak Rojikin, S.Pd dan Bpk. Drs Eko Pujolestoro.

Akreditasi dilakukan selama 2 Hari yang mencakup visitasi terkait sarana dan prasarana sekolah yang dilakukan oleh asesor dan didampingi oleh kepala sekolah dan guru, pengecekan sarpras dilakukan detail ke setiap ruangan dan sarpras yang ada. Selian itu juga dilakukan wawancara langsung oleh Asesor kepada 6 perwakilan wali siswa yang diwakili satu orang wali siswa di setiap jenjang, Komite dan tokoh masyarakat. Penggalian informasi juga melibatkan Kepala Sekolah, guru, siswa melalui wawancara. Semua dilakukan sesuai prosedur yang ada oleh ke dua asesor.

Selain wawancara, siswa juga melakukan pengisisan kuisioner secara daring, untuk SD Kita melibatkan 23 anak yang mengisi kuisioner. Tahap berikutnya adalah pengecekan dokumen fisik terkait 36 Point yang dilakukan oleh kedua Asesor. Tahap yang paling mengasikan yaitu visitasi pembelajaran dengan cara melihat, menilai dan secara langsung memantau proses pembelajaran di kelas rendah dan tinggi oleh kedua Asesor dengan prosedur akreditasi yang ada.

Alhamdulillah pelaksanaan akreditasi lancar, Asesor yang sangat menyenangkan, ramah dan benar benar menambah ilmu baru serta kebermanfaatan yang besar untuk kemajuan SD Negeri 2 Sidanegara.

Dalam acara temu akhir Asesor memberikan beberapa masukan untuk kemajuan SD N 2 Sidanegara terkait hasil visitasi selama 2 Hari. Dan hasil dari visitasi ini akan menjadi nilai lebih untuk perbaikan – perbaikan sesuatu yang masih kurang di sekolah kita dan motivasi yang besar untuk hal – hal positif yang disampaikan.

Terimakasih untuk para Asesor, semoga Visitasi Akreditasi disekolah kita kedepan akan menjadikan SD N 2 Sidanegara semakin maju dan terus berkembang serta berprestasi.

Dokumentasi Akreditasi.

Tinggalkan komentar

Kotak Kritik Dan Saran !

PERTANYAAN DAN JAWABAN

klik disini